Jumat, 19 Maret 2021

Resume Tugas Kuliah Materi Psikologi Pendidikan

 

Resume Tugas Kuliah Materi Psikologi Pendidikan


KONSEP DASAR PSIKOLOGI

Konsep psikologi adalah gagasan-gagasan mengenai sesuatu yang menyangkut tentang tingkah laku manusia dan lingkungan sekitarnya melalui pengalaman-pengalaman yang dialami. Psikologi menyentuh semua aspek kehidupan manusia. Psikologi dipelajari untuk lebih mengenal diri sendiri dan orang lain. Setelah mengenal diri maka dia akan berusaha menyesuaikan dengan orang lain.

DEFINISI PSIKOLOGI

Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilakufungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Psikologi berasal dari Bahasa Yunani yang diambil dari kata “psyche” berarti jiwa dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi, psikologi secara singkatnya menurut etimologi adalah ilmu jiwa.

Secara umum, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya.

Menurut Dr, Singgih, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

Menurut Wilhelm Wundt, psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indera, pikiran, merasa (feeling) dan kehendak.

DEFINISI PENDIDIKAN

Pendidikan secara umum, pendidikan adalah setiap sesuatu yang mempunyai pengaruh dalam pembentukan jasmani seseorang, akalnya, dan akhlaknya sejak dilahirkan sampai meninggal.

Pendidikan secara khusus, pendidikan adalah semua media yang dijadikan/ dipergunakan untuk mengembangkan jasmani anak, akalnya, dan untuk pembinaan akhlaknya (yang mulia), dan hanya meliputi saran khusus yang memungkinkan disusun suatu system baginya, ini terbatas pada pendidikan rumah tangga dan sekolah.

DEFINISI PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi Pendidikan merupakan bagian dari psikologi, yaitu psikologi yang menghubungkan tingkah laku individu dan pendidikan. Dalam lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus dan psikologi terapan (applied psychologi). Psikologi juga mempelajari segi-segi perbedaan individual dalam bertingkah laku pada situasi pendidikan, serta berupaya untuk mencari cara-cara untuk mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut, sehingga psikologi ini dapat diterapkan secara efektif dalam bidang pendidikan.

Psikologi dalam pendidikan adalah sebagai psikologi yang menerapkan dan mengembangkan prinsip-prinsip, teori-teory, dan teknik-teknik yang berkaitan dengan pelaksanaan belajar mengajar yang memadai sehingga guru dapat membantu mengarahkan/ membimbing perkembangan murid-muridnya kearah sasaran yang tepat/ perkembangan yang maksimal.

 PERAN PSIKOLOGI BAGI PENDIDIKAN

Psikologi pendidikan sebagai suatu ilmu mempunyai dua sisi/ aspek tujuan, yaitu sebagai berikut,

1.    -Tujuan ilmu itu sendiri (untuk apa ilmu ini dipelajari dan dikembangkan).

2.   - Tujuan kurikuler dalam mempelajari ilmu ini.

Peranan psikologi bagi pendidikan dalam dunia pendidikan:

1.  Psikologi terhadap pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu mempersiapkan guru dan calon guru yang professional dan berkompetensi dalam bidang tertentu dan mengajar sebagai mana yang diharapkan.

2.   Psikologi terhadap pendidikan mempengaruhi pembaharuan perbaikan serta penyempurnaan kurikulum sekolah sebagai pedoman bagi guru dalam membimbing proses belajar murid yang memadai.

3.  Psikologi pendidikan dapat mempengaruhi ide dan pelaksanaan administrsi dan supervise pendidikan yang akan dilaksanakan oleh pimpinan-pimpinan pendidikan/ Kepala dan Pemilik sekolah dalam mengelola kelancaran pelaksanaan pendidikan di sekolah sejalan dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.

 RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi yang sudah lahir sejak abad ke-19 kini berada pada jajaran ilmu yang berdiri sendiri. Psikologi kini mempunyai kedudukan yang penting dalam kehidupan masyarakat, pada implikasinya psikologi pendidikan berkembang pesat dan melahirkan cabang-cabangnya salah satunya adalah psikologi pendidikan. Untuk psikologi pendidikan telah banyak dilakukan penelitian obyek apa saja yang telah dibahas sampai hari ini. Smith menggolong-golongkan persoalan yang dikupas oleh ahli-ahli yang diselidikinya menjadi 16 macam, yaitu :

1.    Ilmu psikologi pendidikan.

2.    Keturunan.

3.    Struktur fisik.

4.    Pertumbuhan.

5.    Perilaku proses.

6.    Sifat dan ruang lingkup pembelajaran.

7.    Faktor-faktor yang belajar kondisi.

8.    Hukum dan teori-teori belajar.

9.    Pengukuran prinsip-prinsip dasar dan definisi.

10.  Transfer pelatihan materi pelajaran.

11.  Aspek praktis pengukuran.

12.  Elemen statistic.

13.  Kebersihan mental.

14.  Pendidikan karakter.

15.  Psikologi subjek scholl sekunder.

16.  Psikologi subjek scholl SD.

 

Perkembangan psikologi pendidikan dapat dianggap representative untuk mengungkap segala objek yang menjadi ruang lingkup psikologi pendidikan ini sebagaimana yang pernah ditulis oleh Good and Brophy dalam bukunya “Educational Psychology a realistic approach” (1997) dalam isinya mengandung enam bagian utama, antara lain :

a.    Bagian pertama menguraikan tentang psikologi dalam hubungannya dengan tugas guru.

b.    Bagian kedua menguraikan manajemen kelas, yang mencangkup, antara lain :

1.    Perkembangan dan sosialisasi anak.

2.    Kepemimpinan dan dinamika kelompok.

3.    Psikologi eksperimental

4.    Hasil-hasil penelitian manajemen kelas.

5. Mengurangi masalah-masalah manajemen melalui persiapan yang baik dan pengajaran efektif.

 

c.     Bagian ketiga menguraikan masalah belajar, yang meliputi :

1.    Pengertian belajar.

2.    Prinsip-prinsip umum belajar, yang mencangkup :

a)    Tipe belajar.

b)    Perhatian dan persepsi.

c)    Transfer dalam belajar.

d)    Perbedaan-perbedaan individual dalam belajar.

e)    Prinsip-prinsip pengajaran.

d.    Bagian-bagian pertumbuhan, pengembangan, dan pendidikan yang berisikan, antara lain :

1.    Prinsip-prinsip perkembangan psikologis.

2.    Perkembangan fisik.

3.    Perkembangan kognitif.

4.    Perkembangan personal dan social.

5.    Kreatifitas

6.    Sosialisasi

7.    Aplikasi prinsip-prinsip perkembangan kedalam pendidikan.

e.    Bagian kelima mengenal motivasi, yang meliputi :

1.    Pengertian motivasi.

2.    Perilaku stimulus respon.

3.    Teori kognitif dan motivasi.

4.    Disonansi.

5.    Aplikasi motivasi dalam pendidikan pengajaran. 

f.      Bagian keenam prinsip-prinsip evaluasi dan pengukuran, yang mencakup :

1.    Macam-macam test.

2.    Cara-cara menyusun test essay dan test objective.

3.    Performance test.

4.    Prosedur penilaian.

5.    Monitoring kemajuan siswa.

6.    Reabilitas dan validitas test.

7.    Penggunaan statistik dalam mengubah hasil test

Semua bagian-bagian diatas terus berkembang dan kini perkembangan tersebut ada yang menjadi disiplin tersendiri, secara materi hal ini dapat dilihat lewat perkembangan psikologi yang terus menerus sampai melahirkan disiplin ilmu-ilmu baru seperti pada materi kuliah psikologi perkembangan, prinsip mengajar belajar, evaluasi pendidikan, bimbingan, penyuluhan, dan sebagainya. 

DAFTAR PUSTAKA

Definition of "Psychology" (Halaman Index APA) (diambil pada hari Selasa, 29 September 2020)

Abu Ahmadi. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2009

M. Alisuf Sabri. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Cv Pedoman Ilmu Jaya. 1996.

Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan, Bandung. Pt Remaja Rosda Karya. 2006.

Sumadi Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Pt Rajagrafindo Persada. 2012.

1.     Abu Ahmadi, Psikologi Umum, (Pr Rineka Cipta : Jakarta, 2009), hal 3-4

2.     Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Pt Rineka Cipta : Jakarta, 2011), hal 1.

3.     Abu Bakar Muhammad, Pedoman Pendidikan dan Pengajaran, 1981, Surabaya, Usaha Nasional, hal 5.

4.     Jalaludin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan, 2012, Jakarta : Pt Rajagranfindo, hal 7-8.

5.     M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, (Cv Pedoman Ilmu Jaya : Jakarta, 1996), hal. 1.

6.     Ibid, hal 2.

7.     Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (PT Rajagrafindo Persada : Jakarta, 2012).

8.     Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (PT Rejama Rosda Karya : Bandung, 2006), Cet.21, hal.11.

9.     Chadijah Hasan, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan, 1994, Surabaya. PT Al-Ikhsan, hal. 23-27

10. M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, hal. 7-9.

Tidak ada komentar:

 AGAMA JANGAN DISANGKUT PAUTKAN SAMA KEHIDUPAN? Benarkah seperti itu bestie? Bagaimana islam memandang pendapat ini? _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ Mas...