Review Buku
BAB I
PENDAHULUAN
Identitas
Buku
Judul
Buku : Psikologi Belajar
Nama
Penulis : Dr. Afi Parwani,
M.Pd.
Penerbit
: DEEPUBLISH (Grup
penerbitan CV BUDI UTAMA)
Cetakan
: Pertama, April
2019
Jumlah
Halaman : 165
Nomor
ISBN : 978-623-209-594-6
Tentang Penulis
Lahir
di Pati pada 10 Januari 1982. Anak ke-5 dari 6 bersaudara. Ayah bernama H.
Suwadi dan Ibu Hj. Samini. Menikah dengan Ny. Ellis Siti Khotijah pada tahun
2006 dan dikaruniai 5 orang anak.
Pendidikan terakhir Doktor dari
Universitas Islam Negeri (UN) STS Jambi dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam
selesai tahun 2018. Pernah menjabat sebagai Sekertaris Jurusan PAI di STAN Ibnu
Sina 2015-2018. Saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan PAI 2018-2022. Selain
itu mengajar diSTAI Ibnu Sina dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Selain itu
pernah menjadi Kepala Sekolah SDI Al Kautsar Madani 2014-2016. Direktur
Pendidikan Yayasan Budi Luhur Batam 2016-2018, selain itu pernah menjadi juara
1 SilatTerbaik Kelas E atlit Persinas ASAD 2009, sebagai Pelatih Silat Persinas
ASAD Kota Batam 2005-2018.
Beberapa karya ilmiah yang pernah
dihasilkan antara lain (1) Penulis buku Psikologi Belajar (2017). (2) Penulis
buku Optimalisasi Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan (2018). (3) Penulis Jurnal
Nasional dan Internasional, Strategic Management of STAI Ibnu Sina Batam Leaders
in Dealing with Asean Economic Society (AEC), The Effect of Managemen Knowledge
and Leadership Style to Employee Satisfaction in Madrasah Aliyah Negeri of Riau
Island Province.
Tentang Buku
Buku
“Psikologi Belajar” ini merupakan cetakan pertama yang diterbitkan pada bulan
April 2017. Buku ini menjelaskan hubungan psikologi dan belajar. Belajar adalah
serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku
sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya
yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor. Cara belajar merupakan suatu
cara bagaimana siswa melaksankan kegiatan belajar. Psikologi belajar dapat
dimaknai dengan suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji atau mempelajari tingkah
laku individu (manusia), di dalam usaha mengubah tingkah lakunya yang dilandasi
oleh nilai-nilai karakteristiknya dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan
kemasyarakatan dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses pendidikan.
Psikologi belajar pada dasarnya mencurahkan perhatiannya pada perilaku
(perbuatn-perbuatan) ataupun budi pekerti orang-orang yang melakukan kegiatan
belajar dan mengajar yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Psikologi belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi
menjadi tiga pokok bahasan, yaitu masalah belajar, proses belajar, dan situasi
belajar.
Keunggulan Buku
Bahasa yang
digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan kalimat-kalimat yang ada
dideskripsikan dengan baik. Materi-materi yang ada sangat lengkap dan
bermanfaat bagi berlangsungnya pembelajaran di Indonesia. Buku ini ditujukan
tidak hanya bagi pelajar tetapi pendidik dan juga khalayak umum. Buku ini
memiliki banyak pesan-pesan yang memotivasi.
Kekurangan Buku
Buku ini memiliki
kekurangan, yaitu bahasanya ada yang terlalu rumit sehingga sulit untuk bisa
diterima oleh anak usia dasar.
BAB II
ISI BUKU
1.
Psikologi
Belajar
a.
Cara
belajar, merupakan bagaimana cara siswa melaksanakan kegiatan belajar, mempersiapkan,
mengikuti pembelajaran, aktivitas belajar mandiri, dan pola belajar mereka,
cara belajar merupakan cerminan usaha yang mereka lakukan. Cara belajar yang menunjang
keberhasilan, meliputi cara belajar ilmu pasti, penggunaan rumus-rumus dengan cara
dihafalkan dan diimplikasikan dan cara belajar ilmu sosial, meringkas dan
mempelajari ringkasan.
b.
Jenis-jenis
belajar, diuraikan menyangkut masalah belajar arti kata-kata, belajar kognitif,
belajar menghafal, belajar teoritis, belajar kaidah, belajar konsep/pengertian,
belajar keterampilan motorik, dan belajar estetik.
2.
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar
a)
Faktor
internal, meliputi faktor biologis (jasmaniah), faktor psikologis (rohaniah),
b)
Faktor
eksternal, meliputi faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah,
faktor lingkungan masyarakat, dan faktor waktu.
3.
Ruang
Lingkup Psikologi Belajar
Psikologi
belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi menjadi 3
pokok bahasan, meliputi :
a)
Belajar,
pokok bahasannya terdiri dari teori-teori belajar, prinsip-prinsip belajar,
hakikat belajar, jenis-jenis belajar, aktivitas-aktivitas belajar, teknik
belajar efektif, karakteristik perubahan hasil belajar, manifestasi perilaku belajar,
dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.
b)
Proses
belajar, pokok bahasannya terdiri dari tahapan perbuatan belajar,
perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama belajar, pengaruh pengalaman
belajar terhadap individu, pengaruh motivasi terhadap perilaku belajar
individu, signifikasi perbedaan individual dalam kecepatan memproses kesan dari
keterbatasan individu dalam belajar, dan masalah proses lupa dan kemampuan
individu memproses perolehannya melalui transfer belajar.
c)
Situasi
belajar, pokok bahasannya terdiri dari suasana dan keadaan lingkungan
fisik/non-fisik, sosial/non-sosial.
4.
Metode-metode
yang Digunakan Dalam Psikologi Belajar
Untuk
meneliti dan menelaah permasalahan yang terjadi dalam belajar, meliputi metode
riwayat hidup atau klinis, metode eksperimen, metode tes, metode introspeksi,
metode ekstropeksi, dan lain-lain.
5.
Prinsip-prinsip
Psikologi Pembelajaran
Dalam
psikologi belajar atau dalam pembelajaran harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagi berikut :
a)
Perbedaan
minat dan perhatian;
b)
Perbedaan
cara belajar;
c)
Perbedaan
kecerdasan;
d)
Belajar
dengan melakukan;
e)
Mengembangkan
kemampuan sosial;
f)
Mengembangkan
keingintahuan;
g)
Mengembangkan
ketrampilan pemecahan masalah; dan
h)
Mengembangkan
kemampuan menggunakan ilmu dan teknologi.
6.
Peran
dan Urgensi Psikologi Pembelajaran
Beberapa peran
penting pendidik dalam proses pembelajaran :
a)
Memahami
siswa sebagi pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan,
motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian, dan lain-lain.
b)
Memahami
prinsip-prinsip dan teori pembelajaran.
c)
Memilihi
metode-metode pembelajaran dan pengajaran.
d)
Menetapkan
tujuan-tujuan pembelajaran dan pengajaran.
e)
Menciptakan
situasi pembelajaran dan pengajaran yang kondusif.
f)
Memilih
dan menetapkan isi pengajaran.
g)
Membantu
peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
h)
Memilih
alat bantu pembelajaran dan pengajaran.
i)
Menilai
hasil pembelajaran dan pengajaran.
j)
Memahami
dan mengembangkan kepribadian desain profesi guru.
k)
Membimbing
perkembangan siswa.
Peranan penting
psikologi dalam pembelajaran :
a.
Psikologi
belajar memiliki peranan penting dalam membantu mempersiapkan guru atau calon
guru yang professional.
b.
Pengetahuan
tentang psikologi belajar diharapkan mampu membantu memecahkan permasalahan
siswa dalam belajar.
c.
Pengetahuan
tentang psikologi belajar memudahkan penerapan pengetahuan, pendekatan dan
kepada anak didik.
d.
Pengetahuan
tentang psikologi belajar membantu menciptakan suasana edukatif.
BAB III
KESIMPULAN
Buku berjudul “Psikologi Belajar” merupakan buku yang sangat berguna bagi pendidik, pebelajar, maupun masyarakat dari semua khalayak karena buku ini mengedukasi tentang berbagai masalah tentang belajar, buku ini sangat membantu terkait psikologis dalam belajar. Buku ini memberikan wawasan kepada guru mengenai karakter muridnya serta bagaimana cara muridnya belajar, memberikan solusi atau perbaikan atas masalah yang dihadapi murid dalam belajar, sehingga murid tidak kesuliatan dalam menerima transfer ilmu dari guru dan melakukan pembelajaran dengan menyenankan. Buku Psikologi Belajar ini mengupas seacra detail mengenai psikologi belajar baik dari psikologi itu sendiri hingga bagaimana mengefektifkan belajar dengan membahas motivasi dan kendala dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar