Jumat, 19 Maret 2021

REVIEW BUKU PSIKOLOGI BELAJAR (Dr. Afi Parwani. M.Pd)

 Review Buku

BAB I

PENDAHULUAN


Identitas Buku

Judul Buku                  : Psikologi Belajar

Nama Penulis              : Dr. Afi Parwani, M.Pd.

Penerbit                       : DEEPUBLISH (Grup penerbitan CV BUDI UTAMA)

Cetakan                       : Pertama, April 2019

Jumlah Halaman         : 165

Nomor ISBN               : 978-623-209-594-6

Tentang Penulis

            Lahir di Pati pada 10 Januari 1982. Anak ke-5 dari 6 bersaudara. Ayah bernama H. Suwadi dan Ibu Hj. Samini. Menikah dengan Ny. Ellis Siti Khotijah pada tahun 2006 dan dikaruniai 5 orang anak.

            Pendidikan terakhir Doktor dari Universitas Islam Negeri (UN) STS Jambi dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam selesai tahun 2018. Pernah menjabat sebagai Sekertaris Jurusan PAI di STAN Ibnu Sina 2015-2018. Saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan PAI 2018-2022. Selain itu mengajar diSTAI Ibnu Sina dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Selain itu pernah menjadi Kepala Sekolah SDI Al Kautsar Madani 2014-2016. Direktur Pendidikan Yayasan Budi Luhur Batam 2016-2018, selain itu pernah menjadi juara 1 SilatTerbaik Kelas E atlit Persinas ASAD 2009, sebagai Pelatih Silat Persinas ASAD Kota Batam 2005-2018.

            Beberapa karya ilmiah yang pernah dihasilkan antara lain (1) Penulis buku Psikologi Belajar (2017). (2) Penulis buku Optimalisasi Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan (2018). (3) Penulis Jurnal Nasional dan Internasional, Strategic Management of STAI Ibnu Sina Batam Leaders in Dealing with Asean Economic Society (AEC), The Effect of Managemen Knowledge and Leadership Style to Employee Satisfaction in Madrasah Aliyah Negeri of Riau Island Province.

Tentang Buku

            Buku “Psikologi Belajar” ini merupakan cetakan pertama yang diterbitkan pada bulan April 2017. Buku ini menjelaskan hubungan psikologi dan belajar. Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor. Cara belajar merupakan suatu cara bagaimana siswa melaksankan kegiatan belajar. Psikologi belajar dapat dimaknai dengan suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji atau mempelajari tingkah laku individu (manusia), di dalam usaha mengubah tingkah lakunya yang dilandasi oleh nilai-nilai karakteristiknya dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses pendidikan. Psikologi belajar pada dasarnya mencurahkan perhatiannya pada perilaku (perbuatn-perbuatan) ataupun budi pekerti orang-orang yang melakukan kegiatan belajar dan mengajar yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Psikologi belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga pokok bahasan, yaitu masalah belajar, proses belajar, dan situasi belajar.

Keunggulan Buku

          Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan kalimat-kalimat yang ada dideskripsikan dengan baik. Materi-materi yang ada sangat lengkap dan bermanfaat bagi berlangsungnya pembelajaran di Indonesia. Buku ini ditujukan tidak hanya bagi pelajar tetapi pendidik dan juga khalayak umum. Buku ini memiliki banyak pesan-pesan yang memotivasi.

Kekurangan Buku

                   Buku ini memiliki kekurangan, yaitu bahasanya ada yang terlalu rumit sehingga sulit untuk bisa diterima oleh anak usia dasar.

 

BAB II

ISI BUKU

      1.            Psikologi Belajar

a.      Cara belajar, merupakan bagaimana cara siswa melaksanakan kegiatan belajar, mempersiapkan, mengikuti pembelajaran, aktivitas belajar mandiri, dan pola belajar mereka, cara belajar merupakan cerminan usaha yang mereka lakukan. Cara belajar yang menunjang keberhasilan, meliputi cara belajar ilmu pasti, penggunaan rumus-rumus dengan cara dihafalkan dan diimplikasikan dan cara belajar ilmu sosial, meringkas dan mempelajari ringkasan.

b.      Jenis-jenis belajar, diuraikan menyangkut masalah belajar arti kata-kata, belajar kognitif, belajar menghafal, belajar teoritis, belajar kaidah, belajar konsep/pengertian, belajar keterampilan motorik, dan belajar estetik.

      2.            Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar

a)      Faktor internal, meliputi faktor biologis (jasmaniah), faktor psikologis (rohaniah),

b)     Faktor eksternal, meliputi faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor waktu.

      3.            Ruang Lingkup Psikologi Belajar

Psikologi belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 pokok bahasan, meliputi :

a)      Belajar, pokok bahasannya terdiri dari teori-teori belajar, prinsip-prinsip belajar, hakikat belajar, jenis-jenis belajar, aktivitas-aktivitas belajar, teknik belajar efektif, karakteristik perubahan hasil belajar, manifestasi perilaku belajar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.

b)     Proses belajar, pokok bahasannya terdiri dari tahapan perbuatan belajar, perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama belajar, pengaruh pengalaman belajar terhadap individu, pengaruh motivasi terhadap perilaku belajar individu, signifikasi perbedaan individual dalam kecepatan memproses kesan dari keterbatasan individu dalam belajar, dan masalah proses lupa dan kemampuan individu memproses perolehannya melalui transfer belajar.

c)      Situasi belajar, pokok bahasannya terdiri dari suasana dan keadaan lingkungan fisik/non-fisik, sosial/non-sosial.

      4.            Metode-metode yang Digunakan Dalam Psikologi Belajar

Untuk meneliti dan menelaah permasalahan yang terjadi dalam belajar, meliputi metode riwayat hidup atau klinis, metode eksperimen, metode tes, metode introspeksi, metode ekstropeksi, dan lain-lain.

      5.            Prinsip-prinsip Psikologi Pembelajaran

Dalam psikologi belajar atau dalam pembelajaran harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagi berikut :

a)      Perbedaan minat dan perhatian;

b)     Perbedaan cara belajar;

c)      Perbedaan kecerdasan;

d)     Belajar dengan melakukan;

e)      Mengembangkan kemampuan sosial;

f)      Mengembangkan keingintahuan;

g)     Mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah; dan

h)     Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu dan teknologi.

      6.            Peran dan Urgensi Psikologi Pembelajaran

Beberapa peran penting pendidik dalam proses pembelajaran :

a)      Memahami siswa sebagi pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian, dan lain-lain.

b)     Memahami prinsip-prinsip dan teori pembelajaran.

c)      Memilihi metode-metode pembelajaran dan pengajaran.

d)     Menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran dan pengajaran.

e)      Menciptakan situasi pembelajaran dan pengajaran yang kondusif.

f)      Memilih dan menetapkan isi pengajaran.

g)     Membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

h)     Memilih alat bantu pembelajaran dan pengajaran.

i)       Menilai hasil pembelajaran dan pengajaran.

j)       Memahami dan mengembangkan kepribadian desain profesi guru.

k)     Membimbing perkembangan siswa.

 

Peranan penting psikologi dalam pembelajaran :

a.      Psikologi belajar memiliki peranan penting dalam membantu mempersiapkan guru atau calon guru yang professional.

b.      Pengetahuan tentang psikologi belajar diharapkan mampu membantu memecahkan permasalahan siswa dalam belajar.

c.      Pengetahuan tentang psikologi belajar memudahkan penerapan pengetahuan, pendekatan dan kepada anak didik.

d.      Pengetahuan tentang psikologi belajar membantu menciptakan suasana edukatif.  

BAB III

KESIMPULAN

Buku berjudul “Psikologi Belajar” merupakan buku yang sangat berguna bagi pendidik, pebelajar, maupun masyarakat dari semua khalayak karena buku ini mengedukasi tentang berbagai masalah tentang belajar, buku ini sangat membantu terkait psikologis dalam belajar. Buku ini memberikan wawasan kepada guru mengenai karakter muridnya serta bagaimana cara muridnya belajar, memberikan solusi atau perbaikan atas masalah yang dihadapi murid dalam belajar, sehingga murid tidak kesuliatan dalam menerima transfer ilmu dari guru dan melakukan pembelajaran dengan menyenankan. Buku Psikologi Belajar ini mengupas seacra detail mengenai psikologi belajar baik dari psikologi itu sendiri hingga bagaimana mengefektifkan belajar dengan membahas motivasi dan kendala dalam belajar.

Tidak ada komentar:

 AGAMA JANGAN DISANGKUT PAUTKAN SAMA KEHIDUPAN? Benarkah seperti itu bestie? Bagaimana islam memandang pendapat ini? _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ Mas...